Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Senin, 15 Juni 2020

GURU MANSABEL PANTAU PELAKSANAAN PAS ONLINE DARI RUANG KOMPUTER


bkgi. Belitung - Ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan secara online melalui website madrasah.Kamis (04/06/2020)
Pelaksanaan PAS online  telah disosialisasikan kepada siswa melalui WhatsApp oleh tiap wali kelas sejak pertengahan bulan Mei lalu. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk mengerjakan Ujian PAS tersebut, dari mulai handphone android, paket data atau ketersediaan wifi, serta mempelajari materi-materi pelajaran yang telah diterima selama masa pembelajaran baik di madrasah maupun di rumah semasa pandemi Covid-19.
Seluruh siswa kelas sepuluh dan sebelas yang mengikuti PAS dapat langsung mengerjakan soal ulangan sesuai jadwal yang telah diberitahukan sebelumnya. Mereka mengakses soal melalui website Mansabel http://www.man1belitung.sch.id dengan memilih menu UJIAN PAS dan mengklik daftar sesuai tingkatan kelas. Siswa dapat login untuk melihat dan mengerjakan soal PAS dengan menggunakan username dan password masing-masing yang telah diberitahukan sebelumnya oleh wali kelas melalui WA.
Saat pelaksanaan PAS online berlangsung beberapa guru melakukan pemantauan dari ruang komputer melalui halaman admin aplikasi Ujian PAS.
Selama pemantauan siswa juga banyak yang berinteraksi melalui WA untuk menanyakan beberapa kendala yang mereka alami. Namun hal itu tidak mengahalangi jalannya pelaksanaan ujian. bahkan beberapa siswa terlihat lancar dalam mengisi jawaban dan mendapatkan nilai yang tinggi. Demikian disampaikan oleh Duwiyatno, SS salah satu guru Mansabel yang juga sebagai admin aplikasi Ujian saat sedang memantau pelaksanaan PAS online di ruang komputer.
Dalam sehari siswa mengerjakan ujian sebanyak 3 mata pelajaran kecuali hari Jum’at hanya 2 mapel saja dengan durasi waktu 60 menit permapel. Ujian dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan direncanakan berlangsung selama tujuh hari hingga hari Jum’at 12 Juni 2020.
Pelaksanaan PAS online yang dilaksanakan oleh Mansabel merupakan suatu upaya untuk menjaga keamanan seluruh warga madrasah ditengah pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Namun, walaupun demikian pihak Mansabel juga memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk melaksanakan ujian PAS di madrasah dikarenakan siswa tersebut tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk mengikuti ujian secara online.
Meski tanpa pengawasan langsung dari para guru, namun pihak madrasah sepenuhnya percaya kepada siswa untuk dapat melaksanakan ujian dengan baik. Semua yang dilakukan oleh pihak madrasah terkait pembelajaran jarak jauh dan ujian dengan cara online adalah pilihan tepat agar warga Mansabel tetap mematuhi protokol keselamatan dan terhindar dari wabah Covid-19. Demikian disampaikan oleh Drs. sarwani selaku kepala madrasah.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot