Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Kamis, 22 Juli 2021

IDUL ADHA DI MASA PANDEMI, MAN 1 BELITUNG LAKSANAKAN KURBAN 2 EKOR SAPI

 


Keterangan Foto : Kegiatan Pelaksanaan Kurban, Hari Raya Idul Adha 2021 M / 1442 H MAN 1 BELITUNG

MAN 1 BELITUNG kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan, penyembelihan hewan kurban dalam Hari Raya Idul Adha 2021 M / 1442 H. Perayaan Idul Kurban tahun ini sangat berbeda dimana tidak semua peserta didik dikerahkan untuk ikut serta dalam pemotongan hewan kurban.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berkurban bagi guru dan peserta didik dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Jumlah hewan kurban pada tahun ini adalah 2 ekor sapi.

Kegiatan diawali dengan pemotongan hewan kurban yang disaksikan langsung oleh Kepala kantor Kementerian Agama Kab. Belitung, Keluarga Besar MAN 1 Belitung dan beberapa peserta didik yang mewakili tiap kelas dan tetap menjaga protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. Berikutnya dilakukan penyortiran daging secara bersama-sama. Daging yang diperoleh kemudian dibagikan kepada guru, warga sekitar, dan peserta didik lainnya yang datang secara bergiliran dan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker. Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan ada diantara peserta didik yang merupakan perwakilan kelas yang berjibaku untuk membantu mulai dari awal penyembelihan sampai pembagian.

Drs. Sarwani., selaku kepala MAN 1 Belitung menyambut secara terbuka untuk melaksanakan kegiatan ini. Beliau juga menuturkan rasa syukur karena Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H ini tetap berjalan walaupun sedang terjadinya pandemi, tentu tetap menggunakan berbagai aturan dan memenuhi protokol kesehatan. “Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi simbol bagi kita dalam rangka membangun keikhlasan kita untuk beribadah,” ujarnya.

Seluruh hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari kepala madrasah, guru, komite, siswa, dan orang tua peserta didik di lingkungan madrasah. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlah bersedia dalam membantu dalam hal penyembelihan, pemotongan dan pembagian daging kurban. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT," Ungkap Ida Rostiana, S. Ag., selaku ketua panitia kurban yang juga sekaligus Pembina IRMALA MAN 1 BELITUNG.

“Berkurban selalu memberi kesan mendalam bagi pekurban dan penerimanya. Apalagi dalam masa pandemi, kita masih mampu meringankan beban sesama serta berharap semoga pandemi ini segera berakhir,” tambahnya.

Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.(adm/rma).

Sumber : https://babel.kemenag.go.id/id/berita/505421/Idul-Adha-di-Masa-Pandemi-MAN-1-BELITUNG-Laksanakan-Kurban-2-Ekor-Sapi

Post Top Ad

Your Ad Spot