Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Jumat, 07 Agustus 2020

JUM'AT SEHAT ALA MANSABEL

 


bkgi. Belitung-Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) mengisi kegiatan dengan olah raga senam dan makan bersama para guru dan pegawai serta beberapa anggota OSIS yang berkesempatan hadir di madrasah.Kegiatan tersebut dalam rangka me-refresh sekaligus memberikan hiburan kepada guru dan pegawai Mansabel yang dalam beberapa pekan disibukkan dengan aktivitas kantor, kesiswaan, dan pembelajaran online. Disamping itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan sesama guru dan pegawai Mansabel. Demikian disampaikan oleh Sumiati, S.Ag Wakil Sarana Prasarana madrasah sekaligus koordinator Jum’at sehat 07 Agustus 2020.

Di masa pandemi covid-19 segala aktivitas pembelajaran menggunakan metode online atau daring. Seperti halnya para guru yang disibukkan dengan e-learning madrasah, para pegawai pun juga sibuk dengan administrasi kantor serta pemutakhiran data siswa Tahun Pelajaran 2020/2021.Kehadiran beberapa siswa yang tergabung dalam keanggotaan OSIS juga menambah semarak senam sehat pagi itu. Pembelajaran tatap muka untuk tingkat SLTA memang belum dimulai. Namun, kehadiran siswa di madrasah bukan tanpa alasan, mereka sengaja datang untuk menyiapkan atribut dan aksesoris madrasah dalam rangka menyambut HUT RI ke 75.

Madrasah memang terlihat sepi tanpa siswa, namun semarak kemerdekaan tidak boleh luntur dari wajah Mansabel. Demikian tutur Maulana Hidayat salah satu anggota OSIS yang juga menjadi instruktur senam pagi di halaman Madrasah.Usai senam pagi kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama di ruang guru. Seluruh siswa yang hadir pun ikut menyantap hidangan kuliner khas Indonesia yang tersebar hampir di seluruh daerah termasuk Pulau Belitung, yaitu Lontung Sayur. Makanan yang disajikan dengan irisan lontong dan kuah santan kuning bercampur daging ikan yang sudah dihaluskan, ditambah rempah-rempah yang membuat aroma masakan menjadi lebih wangi dan terasa lezat. Makanan lezat tersebut dibuat langsung oleh salah satu pegawai honor Mansabel, yaitu  Sri May Ningsih. Dalam kesehariannya beliau bekerja sebagai cleaning servis di madrasah. Selain mampu memasak lontong sayur beliau juga mahir dalam memasak berbagai makanan kuliner khas Belitung. Hal ini dibuktikan dengan seringnya beliau membawakan makanan kuliner dari rumah yang dibuatnya sendiri untuk dimakan bersama guru dan pegawai Mansabel. Karena bagi Ibu yang akrab dengan panggilan ‘Buk May’ tersebut, “makan bersama itu lebih terasa nikmat dan berkah”, ujarnya ketika ditemui saat sedang mengaduk kuah lontong.

Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabiskan lontong sayur buatan Buk May. Saat disajikan dan pengambilan perdana oleh Kepala Mansabel Drs. Sarwani kemudian dilanjutkan oleh guru dan pegawai serta siswa, lontong sayur pun habis tak tersisa. Tak menyangkal enaknya makanan tersebut. Yuspian Security madrasah dan  Harsoni pengelola taman pun mengaku nikmatnya makan lontong sayur di pagi hari.

Kegiatan Jum’at sehat pagi di Mansabel sangat bermanfaat, selain gotong royong dalam menjaga kebersihan, sesekali diadakan makan bersama demi menjaga kesehatan terutama di masa pandemi covid-19. Kepala Mansabel mengatakan bahwa kegiatan Jum’at sehat ala Mansabel tidak berlebihan karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Usai kegiatan, guru dan pegawai dapat kembali bekerja seperti biasa.

Namun Beliau juga berpesan kegiatan Jum’at sehat ala Mansabel pun tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Seluruh guru dan pegawai harus tetap menggunakan masker, mengukur suhu tubuh, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah berkativitas, serta jaga jarak karena pandemi belum berakhir.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot