Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Selasa, 14 Juli 2020

BUKA SECARA RESMI MATSAMA MANSABEL, KAKAN KEMENAG KATAKAN TA'ARUF ITU PENTING



bkgi.Belitung-Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) secara tatap muka yang digelar oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) pada hari Senin 13 Juli 2020 dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung Drs. H. Masdar Nawawi didampingi oleh Drs. Sarwani selaku Kepala Mansabel.Dimulai tepat pukul 07.30 WIB pembukaan Matsama bagi siswa baru Tahun Pelajaran 2020/2021 juga dihadiri oleh Guru dan Pegawai madrasah, serta para pengurus OSIM.
Pada kesempatan tersebut, sebelum membuka secara resmi kegiatan Matsama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung menyampaikan sambutan dan memberikan pengarahan di hadapan peserta. Diantaranya adalah tentang pentingnya ta’aruf atau pengenalan bagi siswa baru. Karena nantinya seluruh siswa akan saling berhubungan, baik sesama siswa maupun siswa dengan lingkungannya terutama guru-guru dan pegawai madrasah.
“Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13 dijelaskan bahwasanya Allah menciptakan manusia dari laki- laki dan perempuan kemudian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Demikian pula siswa baru Mansabel yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda, ada yang dari SMP, ada juga yang dari MTs. Oleh karena itu, siswa-siswi sekalian sangat jelas bahwa ta’aruf itu penting supaya kita saling mengenal satu sama lain”, ucap Pak Masdar.
Selain itu, beliau juga mengingatkan agar setiap peserta dan panitia untuk selalu mentaati protokol keselamatan guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona.Matsama yang digelar secara bertahap selama 3 hari merupakan satu cara untuk mengurangi keramaian di madrasah. Peserta didik baru yang berjumlah 180 orang harus dibagi menjadi tiga yaitu 60 orang perhari dan menjalani Matsama di hari yang berbeda. Demikian dijelaskan oleh Drs. Sarwani selaku Kepala Mansabel saat diwawancarai usai pelaksanaan pembukaan Matsama Tahun Pelajaran 2020/2021.Setelah acara pembukaan seluruh peserta melanjutkan kegiatan Matsama yaitu mendengarkan penyampaian berbagai materi seputar kemadrasahan dari narasumber.(meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot