Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Selasa, 14 Juli 2020

MENGENAL LEBIH DEKAT PESERTA DIDIK BARU, MANSABEL GELAR MATSAMA SECARA TATAP MUKA



bkgi.Belitung-Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) bagi peserta didik baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan dibuka langsung oleh Drs.H. Masdar Nawawi selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung tepat pukul 07.30 WIB didampingi oleh Kepala Mansabel Drs. Sarwani.Senin (13/07)
Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 Mansabel menerima 180 peserta didik baru. Seluruhnya telah dinyatakan lulus pada tanggal 30 Juni 2020 setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Selanjutnya peserta didik tesebut harus mengikuti masa ta’aruf atau pengenalan lingkungan madrasah.Matsama semestinya dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh peserta didik baru. Namun dikarenakan pada saat ini wilayah Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Belitung masih berdampak pandemi covid-19 dan belum dinyatakan sebagai zona hijau, maka Matsama dilaksanakan secara bertahap, yaitu dengan pembagian jumlah peserta dalam satu hari.
Kegiatan Matsama dijadwalkan berlangsung selama 3 hari. Dalam  satu hari Matsama diikuti oleh 60 peserta didik baru dan didampingi oleh sepuluh pengurus OSIM yang bertugas sebagai panitia.Pembagian jumlah peserta bertujuan untuk mengurangi jumlah keramaian di madrasah demi mencegah penyebaran virus corona yang hingga saat ini masih menjadi kekhawatiran seluruh masyarakat.
Selain itu seluruh panitia dan peserta Matsama wajib menjalankan protokol keselamatan yang dianjurkan pemerintah, yaitu memeriksa suhu tubuh saat kedatangan di gerbang madrasah, mencuci tangan, serta mengenakan masker. Pihak panitia juga tidak mengizinkan bagi peserta yang sedang dalam keadaan sakit untuk mengikuti kegiatan.
Pelaksanaan Matsama mestinya dilakukan secara virtual oleh wilayah yang berdampak covid-19. Namun Mansabel tetap melaksanakan Matsama secara tatap muka langsung. Hal tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dekat sosok peserta didik yang akan menjalani masa pembelajaran di Mansabel. Demikian dituturkan oleh Drs. Sarwani saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan Matsama.
Selain itu, Oce Bakara, SE selaku Wakil Kesiswaan Mansabel sekaligus Ketua Panitia PPDB mengatakan bahwa kegiatan Matsama secara tatap muka dilaksanakan guna mengetahui keberadaan dan keadaan peserta didik baru, serta mengenalkan lingkungan madrasah sebelum mereka memasuki masa pembelajaran.Matsama yang berlangsung selama empat jam diisi dengan penyampaian materi seputar pengenalan lingkungan madrasah, diantaranya materi tentang kemadrasahan, karakter moderasi beragama dan kebangsaan, pengenalan lingkungan fisik madrasah, serta pengenalan guru dan pegawai madrasah.
Pada pukul 11.30 WIB kegiatan Matsama tahap 1 langsung ditutup oleh Wakil Kesiswaan Mansabel dan seluruh peserta diberikan pengarahan serta pesan untuk proses pembelajaran selanjutnya. Duwiyatno,S.Si selaku Pembina OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) Mansabel sekaligus ketua Panitia Matsama juga mengingatkan kepada seluruh peserta didik baru agar selalu update membuka website madrasah guna mendapatkan informasi aktual Mansabel.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot