Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Kamis, 27 Februari 2020

KAMABIGUS MANSABEL LANTIK DEWAN AMBALAN MASA BAKTI 2020


bkgi. BELITUNG - Jum’at 14/02/2020 Pengurus Ambalan Pramuka Penegak MAN 1 Belitung (Mansabel) periode tahun 2020 resmi dilantik pada hari Jum’at 14 Februari 2020. Pelatikan dilakukan langsung oleh Drs. Sarwani selaku Kepala Madrasah sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Kamabigus), didampingi oleh Marie Muhammad, Rosa Cheristien, dan Muhammad Imron selaku Pembina Pramuka Gugusdepan 01.003-01.004 Pangkalan MAN 1 Belitung.
Pelantikan yang berlangsung di madrasah pada pukul 16.00 WIB menandai dimulainya kepengurusan baru untuk masa bakti tahun 2020. Sebelumnya pengurus yang dilantik telah melalui tahap pemilihan pada musyawarah ambalan yang berlangsung tanggal 26 Januari 2020.
Ambalan Penegak atau yang disebut dengan ambalan adalah satuan organisasi dalam Gerakan Pramuka yang terdiri dari anggota Pramuka Penegak. Ambalan Putra terpisah dengan ambalan putri. Ambalan dibagi menjadi beberapa sangga yang terdiri atas 6-8 orang. Setiap sangga dipimpin oleh seorang Pimpinan Sangga (Pinsa).
Untuk mengembangkan kepemimpinan di ambalan, dibentuk Dewan Kerja Ambalan (DKA) putra dan putri yang terdiri dari Ketua Ambalan (Pradana/Pradani), Sekretaris Ambalan (Kerani), Bendahara (Juru Uang), dan Pemangku Adat.
Di MAN 1 Belitung anggota ambalan berjumlah 42 orang, terdiri dari 21 putra dan 21 putri. Ambalan Putra bernama KI Hajar Dewantara dan Ambalan Putri bernama RA Kartini.
Dewan Kerja Ambalan Putra masa bakti 2020 yang dilantik adalah Adiwan (Pradana), Muhammad Hilmi (Kerani), Adi Mulyana (Juru Uang), dan Yanualdi (Pemangku Adat). Sedangkan DKA Putri adalah Bella Yuliani (Pradani), Yolanda (Kerani), Waula Desi Indrayani (Juru Uang), dan Oktaviani (Pemangku Adat). Mereka dilantik bersama pengurus lainnya yang sudah dipilih secara formatur oleh DKA.
Pelantikan diawali dengan upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Kamabigus Dewan Ambalan oleh Rosa Cheristien. Selanjutnya Kamabigus memberikan pertanyaan dan memimpin pengucapan janji oleh Dewan Ambalan yang akan dilantik. Setelah itu Pradana dan Pradani serta Kamabigus melakukan penandatangan Surat Keputusan pelantikan. Pelantikan juga ditandai dengan penglepasan tanda jabatan dari Dewan Ambalan lama dan penyematan tanda jabatan kepada Dewan Ambalan yang baru dilantik
Setelah Pelantikan, Kamabigus yang bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan amanat dihadapan seluruh peserta upacara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus Ambalan masa bakti 2019 yang sudah purna bakti atas segala usaha yang telah dilakukan hingga Pramuka Mansabel menjadi dikenal baik di masyarakat dan memiliki prestasi yang cukup tinggi. Selanjutnya beliau juga berharap agar Dewan Ambalan masa bakti 2020 dapat meneruskan perjuangan Pengurus Ambalan yang lama untuk terus berkiprah dan berprestasi di setiap ajang Pramuka dimana pun dan kapan pun dengan tetap menjaga nama baik MAN 1 Belitung.
Usai upacara pelantikan pukul 17.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah serta memberikan ucapan selamat kepada Pengurus Ambalan yang lama dan yang baru saja dilantik.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot