Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Kamis, 27 Februari 2020

SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, WARGA MANSABEL LAKUKAN SENSUS ONLINE



bkgi. Belitung -Warga MAN 1 Belitung (Mansabel) pada tanggal 17 dan 18 Februari 2020 melakukan Sensus Penduduk Online di madrasah secara bersama-sama dipandu oleh petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung. Seluruh siswa Mansabel telah menyiapkan HP android dan fotokopi Kartu Keluarga serta blanko isian dari BPS yang telah diisi sesuai kondisi rumah dan keluarga masing-masing.
Sensus penduduk merupakan program tahunan pemerintah yang dijalankan oleh Badan Pusat Staistik. Tahun 2020 merupakan sensus penduduk ke tujuh dan sudah dimulai pada tanggal 15 Februari pukul 00.00 WIB. Pelaksanaan sensus tahun 2020 lebih mudah karena dapat dilakukan langsung oleh masyarakat sendiri tanpa menunggu petugas sensus datang ke rumah, yaitu melalui Sensus BPS secara online. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui telepon seluler android atau perangkat komputer yang terhubung langsung dengan jaringan internet.
Di Mansabel pelaksanaan Sensus Penduduk Online dipandu oleh delapan orang petugas dari BPS Kabupaten Belitung, Sebelumnya petugas sensus tersebut telah berkoordinasi dengan pihak madrasah pada bulan Januari lalu.
Petugas BPS memandu siswa dari kelas ke kelas secara bersamaan didampingi oleh Oce Bakara, SE selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan. Untuk dapat memandu seluruh siswa yang berada di lima belas kelas, tiap kelas dipandu oleh satu orang petugas BPS dan dibagi menjasi 2 tahap, yaitu tahap 1 pada hari Senin bagi Kelas XII dan tahap 2 pada hari Selasa bagi kelas XI dan X. Untuk menyelesaikan pengisian data hingga pengiriman data, tiap siswa membutuhkan waktu ±10 menit. Pelaksanaan sensus di kelas berlangsung pukul 09.00-12.00 WIB.
Bagi siswa yang belum dapat melakukan sensus penduduk online bersama dengan yang lainnya, di ajurkan untuk dapat melakukannya di rumah bersama orang tua atau menunggu kedatangan petugas BPS untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara. Demikian disampaikan oleh salah satu petugas BPS saat berada di kelas XI MIA 1.
Sensus Penduduk Online di madrasah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga oleh guru dan pegawai dengan mengikuti panduan dari petugas BPS.
Selaku warga Indonesia tentunya Mansabel menyambut baik kedatangan petugas sensus ke madrasah dan mendukung diadakannya Sensus Penduduk Online demi suksesnya program besar pemerintah di tahun 2020. Siswa juga dapat membantu keluarganya dalam mendaftarkan diri secara langsung tanpa harus menunggu petugas sensus datang kerumah untuk melakukan Sensus Penduduk Wawancara. Demikian disampaikan oleh Mustafa, SE selaku Kaur TU Mansabel saat berbincang-bincang dengan petugas BPS di ruang Kepala Madrasah.
Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas BPS yang telah bersedia membantu warga Mansabel untuk memandu pelaksanaan Sensus Penduduk Online tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak dan Ibu dari BPS telah berkunjung ke Mansabel serta membantu pelaksanaan sensus oline kepada siswa, guru, dan pegawai madrasah hingga selesai”, ujar Pak Mustafa.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot