Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Sabtu, 29 Februari 2020

TAK HENTI RAIH JUARA, INILAH PRESTASI PRAMUKA MANSABEL DI UJUNG FEBRUARI 2020


bkgi. Belitung - Pramuka Penegak MAN 1 Belitung (Mansabel) kembali menyumbangkan prestasi gemilang pada Lomba Masak dan Pionering Gapura yang diselenggarakan oleh Gugusdepan 01.011-01.012 Pangkalan SMA PGRI Tanjungpandan dalam rangka memeriahkan ulang tahun Gudep ke-11 pada hari Sabtu 29 Februari 2020.
Pada lomba kali ini Mansabel mendapatkan Juara 1 Lomba Pionering Gapura Putra, Juara 1 Lomba Pionering Gapura Putri, dan Juara harapan 1 Lomba Masak Bedulang.
Berbagai jenis lomba Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak digelar di halaman SMA PGRI Tanjungpandan dari pagi hingga petang.
Lomba tingkat Penegak diikuti oleh sejumlah sangga dari Ambalan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Belitung. Pada lomba tersebut Pramuka Mansabel Gugusdepan 01.003-01.004 mengirimkan 2 sangga putra dan 2 sangga putri untuk mengikuti lomba Masak Bedulang dan Pionering Gapura.
Kriteria lomba Masak Bedulang adalah masakan khas daerah Belitung yang terdiri dari 4-6 masakan dengan menu utama gangan ikan, opor ayam, mi goreng, oseng kacang, telur, dilengkapi dengan nasi dan minuman teh tawar serta kue dodol. selanjutnya disajikan dalam sebuah dulang dan baki yang dilengkapi dengan tudung saji dan tudung lambak. Peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk menyelesaikan semua masakan dan menyajikannya. Kriteria penilaian lomba Masak Bedulang adalah penampilan dan inovasi, rasa. kebersihan, taknik memasak, dan ketepatan waktu.
Beraksi dengan menggunakan celemek berwarna hijau, peserta dari Mansabel berhasil menyelesaikan masakan dan menyajikan makanan sesuai waktu yang telah ditentukan.
Sementara itu, pada lomba membuat pionering gapura, peserta bebas menentukan tema dan model gapura. Waktu yang diberikan untuk pembuatan gapura adalah 60 menit dengan kriteria penilaian meliputi simpulan, kreatifitas, kekuatan, dan ketepatan waktu.
Lomba yang berlangsung hingga pukul 17.30 WIB memberikan kesempatan bagi MAN 1 Belitung untuk kembali mengukir prestasi di bidang kepramukaan.
Seluruh anggota Pramuka Mansabel nampak bergembira menyambut kemenangan pada lomba tersebut. Terlihat saat pengumuman pemenang dan pembagian hadiah, seluruh peserta memberikan tepuk tangan dan bersorak meriah.
Meskipun prestasi tersebut bukanlah yang pertama bagi Mansabel, namun anggota Pramuka Mansabel tidak menganggap mudah suatu perlombaan, justru makin semangat dalam berkarya dan berlomba demi mempertahankan prestasi yang pernah didapatkan. Demikian disampaikan oleh Marie Muhammad selaku Pembina Pramuka Putra saat mendampingi anggota Pramuka Mansabe di arena lomba.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot