Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Minggu, 01 Maret 2020

AKSI SISWA MANSABEL DI FOT 2020



bkgi. Belitung - Minggu 01/03/2020 Aksi siswa MAN 1 Belitung (Mansabel) kembali membuahkan hasil pada Festival Olahraga Tradisional (FOT) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung dalam rangka melestarikan, mengembangkan dan menjaga kelangsungan serta kesinambungan olahraga rekreasi dan tradisional. Sebelumya siswa Mansabel pernah meraih juara 3 pada FOT tahun 2019.
Festival tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu pihak penyelenggara tidak lagi menentukan jenis olahraga tradisional yang dilombakan, namun memberikan kesempatan kepada masing-masing tim peserta untuk menciptakan judul olahraga tradisional yang akan dipertunjukkan.
Berlangsung di Pantai Wisata Tanjung Pendam pada hari Minggu 01 Maret 2020 festival diikuti oleh 11 tim pelajar dan masyarakat umum se-Kabupaten Belitung dengan kategori usia 18-60 tahun.
Bersaing dengan 10 tim lainnya, tim Mansabel beraksi dengan judul olahraga “Begulat de Paser” yang artinya bermain gulat di pasir. Bentuk olahraga tersebut berupa pertunjukkan aksi gulat yang diiringi dengan musik tradisional dengan sedikit narasi untuk memberikan penjelasan kepada penonton tentang olahraga tersebut.
Olahraga tradisional Begulat de Paser adalah karya cipta siswa Mansabel bersama Pembina Olahraga Fahrudiyanto, S.Pd. Beliau memadukan kreasi olahraga gulat dengan sentuhan musik tradisional dan pakaian adat daerah Belitung.
Tim Mansabel yang terdiri dari 13 orang (12 putra dan 1 putri) memiliki peran masing-masing, yaitu 5 orang bertugas sebagai pemain musik, 1 orang bertugas sebagai narator, 6 orang pemain gulat, dan 1 orang wasit. Mereka beraksi selama kurang lebih sepuluh menit dihadapan dewan juri dan penonton.
Kriteria pertunjukkan yang menjadi dasar penilaian panitia lomba adalah menarik, meriah, manfaat, unik, khas, mendidik, kebugaran jasmani, mental, kompetitif-rekreatif, nuansa olahraga tradisionalnya berkembang di masyarakat, keserasian musik pengiring, peragaan, kesesuaian narasi, dan ketepatan waktu.
Aksi Tim Mansabel dengan dalam FOT Tahun 2020 dengan judul “Begulat de Paser” membuahkan hasil. Pada akhir festival panitia mengumumkan bahwa Tim Mansabel berhasil meraih juara Harapan II dan berhak memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan dari pihak penyelenggara.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot