Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Kamis, 11 Maret 2021

33 BALONPAS DIKUKUHKAN DAN DILANTIK JADI CAPAS MANSABEL TAHUN 2021

 


bkgi.Belitung-Sebanyak 33 anggota Bakal Calon Pakibra (Balonpas) MAN 1 Belitung (Mansabel) pada hari Minggu (07/03/21) dikukuhkan dan dilantik oleh Purna Paskibra Sekolah (PPS) Angkatan 2020 di halaman madrasah. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari dengan pengawasan langsung oleh Pembina Paskibra Meri Satia Marlina, S.Pd.I.

Pengukuhan dan pelantikan bertujuan untuk menguji ketahanan fisik dan mental para Balonpas yang telah mengikuti latihan selama satu semester. Selain itu, proses pengukuhan dan pelantikan yang dijalani oleh para Balonpas bertujuan untuk menyiapkan diri mereka pada seleksi Paskibraka jelang penaikan bendera hari kemerdekaan RI, serta untuk menyiapkan diri menjadi pelatih anggota Paskibra Mansabel periode berikutnya pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Demikian dijelaskan oleh Ibu Pembina.

Seluruh rangkaian kegiatan sebelumnya telah disusun bersama oleh Pembina dan para anggota PPS. Sejak pukul 06.00 WIB seluruh anggota paskibra yang terlibat pada kegiatan tersebut telah berkumpul dan membentuk barisan di lapangan parkir madrasah.

Kegiatan diawali dengan apel pagi dan pengarahan dari Pembina Paskibra, serta doa bersama. Selanjutnya seluruh peserta kegiatan melakukan pemanasan. Kegiatan dilanjutkan dengan lari maraton sejauh 5 km melintasi sepanjang jalan umum dan kembali ke madrasah. Rangkaian kegiatan lainnya adalah penyampaian materi seputar Peraturan Baris Berbaris (PBB), pengujian fisik dan mental di halaman madrasah dan di Pantai Tanjungpendam yang berjarak tidak jauh dari madrasah. Pertengahan kegiatan seluruh Balonpas mengikuti renungan suci dan doa bersama. Setelah sholat Dzuhur berjama’ah, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama dan pembinaan dari anggota TNI 0414/Belitung.

Seluruh rangkaian kegiatan pengukuhan dan pelantikan berjalan lancar hingga pukul 16.00 WIB. Anggota Balonpas yang mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dikukuhkan dan dilantik dengan prosesi mencium bendera Sang Saka Merah Putih dan Bendera Paskibra Mansabel. Usai pelantikan, sebanyak 33 Balonpas resmi menjadi Calon Paskibra Mansabel dan siap mengikuti kegiatan rutin yang nantinya lebih diarahkan untuk menjadi pelatih.

Kebahagiaan terpancar dari wajah seluruh anggota paskibra Mansabel, baik Capas yang baru dilantik maupun PPS angkatan 2020 karena telah melewati proses dan prosesi pengukuhan dan pelantikan yang menjadi adat dan budaya bagi Paskibra di suatu sekolah atau madrasah. Kegiatan diakhiri dengan apel penutup dan foto bersama di halaman madrasah.(Meri)

Post Top Ad

Your Ad Spot