Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Kamis, 26 Maret 2020

MANSABEL SIAPKAN 6 RUANG KELAS UNTUK PELAKSANAAN UJIAN BERBASIS ANDROID



bkgi. BELITUNG - Senin 16/03/2020 Menjelang pelaksanaan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UM-BK) Tahun Pelajaran 2019/2020, panitia dan teknisi ujian Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) pada hari Minggu 15 Maret 2020 menyiapkan enam ruang kelas untuk pelaksanaan ujian berbasis android.
Seyogyanya pelaksanaan ujian dengan sistem Computer Base Test (CBT) bagi siswa Mansabel menggunakan perangkat komputer lengkap. Namun dikarenakan keterbatasan jumlah komputer madrasah, sebagian siswa melaksanakan dengan fasilitas pribadi berupa laptop dan handphone android. Penggunaan perangkat pribadi tersebut telah disepakati bersama oleh pihak madrasah dan orangtua siswa pada saat rapat persiapan ujian tanggal 04 Maret 2020.
Pada tahun ini untuk kedua kalinya Mansabel melaksanakan ujian madrasah dengan sistem CBT. Sebelumnya pada ujian tahun pelajaran 2018/2019 Mansabel juga melaksanakan ujian dengan sistem yang sama.
Sebanyak enam server disiapkan di enam ruang kelas yang akan digunakan sebagai tempat ujian berbasis laptop dan android. Tiap ruang kelas rata-rata diisi oleh dua puluh peserta ujian tanpa gabungan antara jurusan IPA dan IPS.
Ruang UM-BK Mansabel seluruhnya berjumlah 9 ruang. Dari 182 siswa yang mengikuti ujian, sebanyak 65 siswa menggunakan fasilitas komputer madrasah yang terdapat di tiga ruangan, sedangkan 117 siswa lainnya menggunakan laptop dan handphone android.
Pelaksanaan ujian tahun ini diharapkan berjalan lancar seperti tahun kemarin. Seluruh siswa dapat mengerjakan ujian sesuai jadwal, tanpa terkendala dengan keterbatasan fasilitas dan soal ujian. Seluruh soal yang sudah diinput dapat tampil dengan baik sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan pertanyaan bagi peserta ujian. Demikian dituturkan oleh Bapak Amir Sujaka selaku teknisi ujian Mansabel.
Selain menyiapkan komputer dan server, panitia ujian juga menyiapkan sejumlah terminal kabel bagi siswa yang akan menambah daya baterai laptop dan handphhone. Untuk menyiapkan perangkat ruang ujian, Bapak Amir sujaka dibantu oleh Duwiyatno, S.Si yang juga sebagai teknisi ujian dan Indarti Purwo Utami, M.Si selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum. Sejak pagi hingga menjelang petang ketiganya berada di madrasah bekerja sama dalam menyiapkan perangkat ujian demi kelancaran pelaksanaan UM-BK di Mansabel yang akan berlangsung mulai Senin 16 Maret 2020.(Meri/vie)

Post Top Ad

Your Ad Spot