Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Senin, 15 Februari 2021

BENTUK JIWA KEPEMIMPINAN, ANGGOTA OSIM MANSABEL IKUTI LDKS

 

bkgi. Belitung – Sabtu 19/12/2020 Sebanyak 36 Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) yang tergabung dalam keanggotaan Organisasi Siswa Intra Mandarsaah (OSIM) Masa Bakti 2020/2021 mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang berlangsung dari pagi hingga siang selama tiga hari pada tanggal 17 s.d 19 Desember 2020.

Kegiatan dibuka langsung oleh Drs. Sarwani selaku Kepala Madrasah di ruang aula terbuka Mansabel pada Kamis pagi (17/12) sekaligus menyampaikan materi tentang kebijakan madrasah di hadapan para peserta.

Kegiatan LDKS adalah program tahunan OSIM yang bertujuan untuk membentuk jiwa kepemimpinan yang menjunjung tinggi kedisiplinan serta nilai moralitas dan loyalitas dalam diri siswa. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kerja sama antara pengurus OSIM baru dengan pengurus sebelumnya untuk melanjutkan program kerja yang telah dibuat dan menindaklanjuti program kerja yang belum sempat terlaksana. Demikian dijelaskan oleh Duwiyatno, S.Si selaku Pembina OSIM sekaligus ketua pelaksana LDKS Tahun 2020.

Selain materi tentang kebijakan madrasah, pada hari pertama peserta juga menerima empat materi lain dari narasumber yang berbeda, yaitu materi tentang Dinamika Kelompok yang disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Oce Bakara, SE, materi tentang Kesehatan Remaja oleh dr. Gusti Indrayani dari Puskesmas Air Saga Kabupaten Belitung, materi tentang Bahaya Narkoba oleh Dahnial, S.IP dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Belitung, serta materi tentang Publik Speaking oleh Wakil Humas Mansabel Meri Satia Marlina, S.Pd.I.

Seluruh peserta dapat menerima materi dengan baik. Beberapa peserta melakukan tanya jawab dengan narasumber terkait materi yang disampaikan. Kegiatan hari pertama berakhir tepat pukul 16.00 WIB. Sebelum dibubarkan, panitia menyampaikan instruksi untuk persiapan hari kedua.

Hari kedua LDKS dimulai pukul 06.30 WIB. Peserta mengikuti kegiatan senam pagi yang dipandu oleh Fahrudiyanto, S.Pd Guru Olahraga Mansabel. Selanjutnya peserta menerima materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dari dua anggota Purna Paskibra Mansabel, yaitu Aziz Geri Nugroho dan Eva Aprilia hingga pukul 11.00 WIB. Selain materi PBB, peserta wajib mengikuti gerakan-gerakan dasar dalam PBB yang diinstruksikan oleh pemimpin barisan.

Hari ketiga, peserta mengikuti kegiatan outbond di area wisata Pulau Pasir yang terletak di Kecamatan Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan outbond dipandu oleh 13 siswa yang tergabung dalam keanggotaan Paskibra, Pramuka, dan OSIM masa bakti 2019/2020 hingga pukul 12.30 WIB.

Usai kegiatan outbond, LDKS ditutup langsung oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan. Seluruh peserta dan panitia saling bersalaman serta foto bersama. Tepat pukul 14.00 WIB seluruhnya kembali ke Mansabel.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot