Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Senin, 15 Februari 2021

LAUNCHING LAGU MARS MAN 1 BELITUNG

 


bkgi. Belitung – Sabtu 12/12/2020 Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung (Mansabel) pada Jum’at pagi 11 Desember 2020 melangsungkan kegiatan Launching Lagu Mars MAN 1 Belitung di ruang serbaguna madrasah. Launching perdana dihadiri oleh Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung beserta sejumlah Kepala Madrasah dan pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Belitung.

Acara yang semestinya digelar bersamaan dengan Milad ke 25 Mansabel tanggal 25 Nopember 2020 baru dapat dilaksanakan karena keadaan pandemi covid-19 di wilayah Belitung yang masih darurat. Sehingga pihak madrasah harus meringkas rangkaian acara supaya tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan. Demikian disampaikan oleh Drs. Sarwani selaku Kepala Madrasah saat menyampaikan sambutan.

Lagu Mars MAN 1 Belitung yang diluncurkan adalah karya cipta seorang alumni Mansabel tahun 2010 Darta Meilando, S.Sn. Ia juga Seorang seniman Belitung yang mahir memainkan beberapa alat musik, terutama alat musik daerah. Seniman yang akrab dengan panggilan Edo adalah mahasiswa lulusan Institut Kesenian Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 2014.

Lagu tersebut resmi menjadi Mars MAN 1 Belitung setelah dewan juri melakukan penilaian Lomba Cipta Lagu Mars MAN 1 Belitung pada bulan Nopember lalu dan telah mendapat persetujuan dari panitia untuk menentukan bahwa lagu mars ciptaan Edo adalah pemenang pertama. Demikian dijelaskan oleh Marie Muhammad, S.Si selaku Ketua Panitia.

Lirik dan syair adalah murni hasil pemikiran dari sang pencipta. Sesuai dengan kriteria lomba, bahwa lagu harus original karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Oleh sebab itu dalam waktu satu bulan sang pencipta membuat lagu dengan cermat bermodalkan kemampuan dalam memainkan musik dan merangkai kata, serta menggunakan alat musik yang dimiliki. Sehingga pada akhirnya tercipta lagu Mars MAN 1 Belitung yang sesuai dengan visi dan misi madrasah. Demikian informasi yang didapat dari Humas Mansabel saat wawancara dengan Edo di tempat yang berbeda.

Mars MAN 1 Belitung dinyanyikan oleh kelompok paduan suara yang terdiri dari siswa-siswi Mansabel saat acara Launching Lagu Mars MAN 1 Belitung. Sebelumnya kelompok paduan suara tersebut telah berlatih dan menyanyikan lagu di hadapan pencipta lagu untuk memastikan kesesuaian nada antara lagu yang dinyanyikan dengan lagu yang diciptakan.

Lagu dinyanyikan secara berulang sebanyak dua kali dan didengar oleh seluruh guru dan pegawai Mansabel, serta tamu undangan yang hadir. Dengan iringan musik dan panduan seorang konduktor, kelompok paduan suara menyanyikan lagu Mars MAN 1 Belitung dengan semangat hingga selesai.(Meri/rma).

Post Top Ad

Your Ad Spot