Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Senin, 15 Februari 2021

PENGHUJUNG 2020 KAMAD BAGIKAN HADIAH LOMBA DAN TUTUP 2 KEGIATAN AKHIR TAHUN PRAMUKA MANSABEL

 

bkgi. Belitung – Selasa 29/12/2020 Di penghujung tahun 2020 Kepala MAN 1 Belitung Drs. Sarwani selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) membagikan hadiah lomba kepramukaan sekaligus menutup dua kegiatan Pramuka Bantara Gugusdepan 01.003-01.004 Ambalan KH. Dewantara dan RA. Kartini yang telah berlangsung selama dua hari pada tanggal 22 s.d. 23 Desember 2020.

Pembagian hadiah baru dapat dilaksanakan Selasa siang 29 Desember 2020 karena banyaknya kegiatan akhir tahun yang harus diselesaikan, terutama menyangkut masalah anggaran. Tutur Kepala Madrasah dalam sambutannya sebelum menutup kegiatan.

Selain itu, pembina dan pelatih Pramuka juga membutuhkan waktu untuk memberikan penialaian terhadap karya siswa yang dilombakan. Penilaian membutuhkan ketelitian dan kecermatan agar nilai yang diberikan sesuai dengan kualitas karya secara visual dan kreatifitas. Demikian dijelaskan oleh Rosa Cheristien, S.Hut selaku Pembina Pramuka Putri sekaligus juri lomba.

Dua kegiatan akhir tahun Pramuka merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menambah wawasan kepramukaan anggota Pramuka sekaligus mengakhiri aktivitas siswa di MAN 1 Belitung (Mansabel) tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan madrasah dengan pembatasan jumlah peserta dan protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka langsung Selasa pagi (22/12) oleh Kepala Madrasah dan dihadiri para alumni yang masih aktif dalam kepramukaan Mansabel.

Pada hari pertama, Selasa 22 Desember 2020 sebanyak 45 anggota Pramuka melaksanakan dan mengikuti Giat Wawasan Pramuka Penegak Bantara. Kegiatan yang mengambil tema “Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Kepramukaan dalam Mengelola Kegiatan di Ambalan”, diisi dengan pembinaan dan penerapan materi seputar Ambalan dan Penanganan Gawat Darurat oleh Pembina dan Pelatih Pramuka, serta Pelatih PMR.

Selain itu juga diadakan lomba pembuatan hasta karya dari barang bekas, menulis cerpen, dan membuat vlog kepramukaan, serta sejumlah permainan ketangkasan. Kegiatan hari pertama berlangsung lancar hingga pukul 17.00 WIB.

Hari kedua, 23 Desember 2020 adalah Temu Karya Pramuka Penggalang Penegak (TKPPP). Sejumlah anggota Pramuka Penggalang dan Penegak bertemu dalam satu kegiatan yang mengambil tema “Membangun Semangat Berkreasi dan Berkompetisi Anggota Pramuka dalam Berkarya dan Berprestasi”.

Kegiatan diisi dengan lomba membuat Majalah Dinding tentang kepramukaan dan lomba kreasi masakan rimba. Anggota Pramuka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditentukan. Selain itu, kegiatan juga diisi dengan cipta yel-yel Pramuka, Teknik Kepramukaan (Tekpram) seperti keterampilan tali-temali dan penanganan gawat darurat. Kegiatan hari kedua berjalan lancar hingga pukul 17.00 WIB.

Selain menambah wawasan kepramukaan bagi anggota Pramuka, kegiatan-kegiatan tersebut juga bertujuan untuk melatih mental, kemandirian dan keterampilan hidup, serta membina kerja sama dalam kelompok. Karena sudah sepatutnya seorang anggota Pramuka memiliki sikap mandiri dan memiliki kecakapan hidup yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, memiliki loyalitas dan solidaritas yang tinggi, serta cerdas dalam menghadapi keadaan yang darurat sekali pun. Demikian dijelaskan oleh Marie Muhammad, S.Si selaku Pembina Pramuka Putra.(Meri)

Post Top Ad

Your Ad Spot