Berita Terkini

Post Top Ad

WBBK



Senin, 15 Februari 2021

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW, PENCERAMAH: KITA PATUT BANGGA JADI UMAT RASULULLAH

 

bkgi. Belitung – Kamis 12/11/2020 Siswa-siswi berserta guru dan pegawai Madrasah Aliyah Negeri 1 Belitung pada hari Kamis 12 Nopember 2020 mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Muchtar Hidayat di ruang serbaguna madrasah. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. 1442 Hijriyah.

Ceramah dari Ustadz Muchtar adalah kegiatan inti dari peringatan Maulid Nabi yang sengaja digelar oleh pihak madrasah, khususnya pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Pada tahun ini peringatan maulid mengambil tema “Tingkatkan Iman dan Taqwa, Wujudkan Pribadi Berakhlakul Karimah

Kegiatan tersebut telah menjadi agenda tahunan dan rutin dilaksanakan. Namun, pada tahun ini sedikit berbeda dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir. Oleh sebab itu, siswa yang diizinkan hadir dan mengikuti kegiatan hanya sebagian saja. Demikian pula dengan rangkaian acara yang lebih ringkas dari biasanya. Seluruh peserta kegiatan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menjaga jarak.

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Kepala Madrasah Drs. Sarwani menyampaikan sambutan sebelum ceramah dimulai. Beliau berpesan agar seluruh siswa mendengarkan dengan baik ceramah yang akan disampaikan oleh Ustadz Muchtar Hidayat dan selama kegiatan hendaknya mematuhi protokol kesehatan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. juga dihadiri oleh Kasubag TU Kementerian Agama Kabupaten Belitung Bapak Taba, S.Pd.I. Di awal kegiatan beliau juga berkesempatan menyampaikan sambutan dan memberikan bermacam nasehat kepada siswa-siswi madrasah, diantaranya perihal keterlibatan alumni MAN 1 Belitung dalam mengembangkan madrasah dan anjuran untuk mengadakan taklim atau tausiyah pada waktu-waktu tertentu guna menambah ilmu dan keimanan diri selaku manusia.

Seluruh peserta kegiatan dengan khidmat mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Muchtar. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan kelahiran Nabi Muhammad Saw., sejarah kelahirannya, serta hadits dan sunnah rasul yang patut diteladani. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwasanya umat Islam patut bangga menjadi umat Rasulullah Saw. karena umat Rasulullah adalah umat terbaik yang ada di muka bumi. Umat Islam harus selalu mengingat Rasulullah Saw. dan senantiasa bershalawat atasnya. Melakukan perbuatan-perbuatan baik (akhlakul karimah), terutama selaku pelajar yang menimba ilmu di MAN 1 Belitung.

Di akhir ceramahnya Ustadz Muchtar Hidayat menyampaikan bahwa umat Islam yang baik hendaknya menyebarkan Islam dengan cara yang baik, karena keberhasilan Rasulullah Saw. dalam menyebarkan Islam bukan dengan kekerasan, melainkan dengan Akhlakul Karimah.

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1442 H berakhir pada pukul 10.30 WIB dan di tutup dengan pembagian hadiah lomba-lomba Islami yang telah dilaksanakan pada minggu sebelumnya.(Meri/rma)

Post Top Ad

Your Ad Spot